Menu

Please help us To Donate.. thx..


Goal amount for the next month: 150 USD, Received: 26 USD (18%)
Make InDoNizer.co.cc more strong by donating us. Even 1 $ can make a big difference in making InDoNizer.co.cc better and bigger.


http://InDoNizer.Co.Cc InDoNizer Update Setiap hari Informasi dari InDoNizer & Untuk InDoNesia

link

Daftar isi

Please wait 3.0 seconds

Ada Apa di balik Beberapa Pemenang Panasonic Awards 2009?

16 Oktober 2010

Mungkin ulasan ini sudah agak kurang aktual karena pergelaran malam puncak "Panasonic Award 2009" sudah lewat dari 1 minggu. Namun saya kira masih cukup layak untuk sedikit menilai hasil vote SMS yang membuahkan kemenangan pada 24 kategori yang tersedia. Baik itu kategori individu maupun kategori program acara tv.

Melihat kemenangan Shireen Sungkar (aktris terfavorit), Teuku Wisnu (aktor terfavorit), Olga Syahputra (pelawak dan presenter musik terfavorit), Cinta Fitri Season 3 (drama seri terfavorit), Extravaganza (komedi/lawak terfavorit), dan Mamamia 2 (acara musik terfavorit) – rasanya layaklah kalau saya tafsirkan bahwa sebagian besar pemirsa yang mengirimkan polling SMS berasal dari kalangan remaja abg.

Mari kita bedah satu per satu pemenang Panasonic Award 2009 yang sepertinya didukung oleh kalangan remaja abg sebagai voters mayoritasnya.

Shireen Sungkar (aktris terfavorit)

Namanya mulai meroket semenjak membintangi sinetron CINTA FITRI di SCTV yang diproduksi oleh MD Entertainment. Padahal sebelumnya Shireen sudah pernah beberapa kali main sinetron yang tayang di RCTI (produksi Sinemart). Namun sepertinya hoki dan sinar bintang Shireen baru mulai bersinar terang ketika hijrah ke MD Entertainment dan SCTV.

Sinetron CINTA FITRI yang dibintanginya sukses besar sehingga bisa sampai 3 season hingga saat ini. Lalu, layakkah Shireen Sungkar menyandang aktris terfavorit di Panasonic Award 2009? Kalau harus dibandingkan dengan keempat kompetitornya di ajang itu (yaitu Chelsea Olivia, Naysila Mirdad, Luna Maya, dan Alyssa Soebandono), secara kualitas akting sebenarnya Shireen tidak lebih baik. Malahan lebih baik Chelsea Olivia kalau menurut saya (yang membintangi sinetron Melati untuk Marvel).

Namun kalau diukur dari sisi popularitas, Shireen memang layak jadi aktris terfavorit. Maklumlah, ratting sinetron CINTA FITRI yang dibintangi oleh Shireen tergolong cukup bagus/tinggi. Terlebih, mayoritas penggemar sinetron tersebut berasal dari kalangan remaja. Apalagi belakangan ini Shireen juga sudah mulai merambah dunia tarik suara dengan membentuk grup duo bernama The Sister (bersama sang kakak). Salah satu lagunya hitsnya banyak disukai. Terlebih dandanan, kostum, dan aksi panggungnya pun cukup memikat. Dan hasilnya, popularitas Shireen pun semakin menanjak (walaupun masih lebih populer Luna Maya menurut saya, untuk kategori aktris favorit).

Teuku Wisnu (aktor terfavorit)

Setahu saya, aktor berdarah Aceh yang satu ini dari dulu cuma membintangi satu sinetron striping, yaitu CINTA FITRI. Bersama Shireen Sungkar, namanya pun mulai naik daun semenjak berpasangan dalam satu frame di CINTA FITRI (dari seri pertama hingga season 3 saat ini). Kalau harus dinilai dari sisi kualitas akting, menurut saya Teuku Wisnu cukup layak mempeoleh penghargaan sebagai Aktor Terfavorit di Panasonic Award 2009.

Aktingnya cukup natural dan tidak berlebihan ketika bermain di sinetron CINTA FITRI (walaupun berperan sebagai tokoh protagonis). Saat berakting marah pun, Teuku Wisnu mampu bermain secara elegan tanpa harus mengandalkan bentakan kasar atau nada bicara yang melulu tinggi. Apalagi teriakan-teriakan.

Jika harus dibandingkan dengan 4 pesaingnya di kategori aktor favorit (yaitu Dude Herlino, Christian Sugiono, Rezky Aditya, dan Adly Fairuz), kualitas akting Wisnu cukup sejajar, walaupun dari sisi kematangan pengalaman ia masih kalah dari Dude Herlino (Aktor Terfavorit Panasonic Award 2007).

Pada tahun 2009 ini pun, sebenarnya saya menilai Dude Herlino masih layak menang karena kualitas aktingnya yang lebih baik dari Wisnu dan dari semua nominator. Namun popularitas sinetron CINTA FITRI yang banyak digemari ternyata mampu mengangkat Teuku Wisnu untuk meraih award di tahun 2009 ini.

Olga Syahputra (presenter musik dan pelawak terfavorit)

Mengenai komedian unik ini sudah saya kupas dalam sebuah artikel khusus berjudul “5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?”. Intinya, popularitas Olga Syahputra saat ini memang sedang berada di puncak. Namanya mulai bersinar semenjak mengisi acara sahur bersama Komeng dan Adul. Lalu bersama keduanya pula di acara Gong Show. Termasuk saat menemani Indy Barend dan Indra Bekti di acara Ceriwis. Dilanjutkan dengan membawakan acara uji akting tanpa naskah yang berjudul “Akhirnya Datang Juga”. Di acara itu Olga tampil sebagai presenter yang menggantikan Winky Wiryawan.

Dan puncak popularitas Olga mulai terasa semenjak ia tampil sebagai salah satu trio pengisi acara musik berjudul “Dahsyat” di RCTI (bareng Luna Maya dan Raffi Ahmad). Dengan keunikan yang dimilikinya (suara serak, gaya kemayu, dan banyolan yang khas), Olga saat ini memang pantas memperoleh penghargaan sebagai Pelawak dan Presenter Musik terfavorit di ajang Panasonic Award 2009.

Cinta Fitri Season 3 (drama seri terfavorit)

Entah mengapa, sinetron yang monoton dan membosankan ini justru malah banyak disukai oleh sebagian pemirsa, seperti yang pernah saya bahas secara khusus di artikel berjudul “CINTA FITRI 3 di SCTV : Nonton Sinetron ini Kok Malah Bikin Sesak Ya?”.

Jika harus dibandingkan dengan kualitas pengemasan keempat nominator lainnya – yaitu sinetron Cahaya, Soleha, Cinta Bunga, dan Azizah (dalam kategori drama seri favorit), sebenarnya CINTA FITRI tidak lebih baik. Malahan menurut saya lebih baik sinetron Cahaya yang ditayangkan oleh RCTI. Namun lagi-lagi kita bicara ratting dan popularitas dalam ajang Panasonic Award ini (yang belum tentu mencerminkan kualitas). Dan melihat sebagian besar penggemar CINTA FITRI yang berasal dari kalangan remaja, tak heran kalau akhirnya sinetron seri tersebut bisa menang di Panasonic Award 2009.

Extravaganza (komedi/lawak terfavorit)

Entah mengapa, lawakan garing seperti yang ditunjukkan dalam acara ini malah banyak disukai dan bahkan memperoleh penghargaan sebagai acara Komedi Terfavorit di ajang Panasonic Award 2009. Lagi-lagi saya menilai itu karena tayangan ini lebih banyak disukai oleh kalangan remaja abg (yang sepertinya memang cenderung lebih menyukai gaya komedi dalam acara ini).

Namun bagi kalangan pemirsa yang lebih dewasa, gaya lawakan dalam EXTRAVAGANZA ini mungkin malah dianggap sangat tidak lucu (seperti yang saya, ibu, dan ayah rasakan). Jangankan mau tertawa, tersenyum saja saya jarang sekali saat menonton acara komedi situasi ini. Gaya banyolan Tora Sudiro, Aming, Indra Birowo, Sogi, Ronald, dan Tika tidak mampu mengocok perut saya. Anehnya, para penonton di studio malah sering tertawa terpingkal-pingkal, seolah-olah lawakan mereka sangat lucu atau benar-benar lucu.

Saya menduga, itu cuma rekayasa dan permainan tim editing program komedi ini. Produser acara ini mungkin ingin mengesankan, bahwa acara ini sangat lucu (lewat pemutaran klip-klip/video adegan penonton yang sedang tersenyum dan tertawa). Termasuk pemutaran iringan suara penonton yang sedang tertawa di sela-sela lawakan para pemainnya.

Mamamia 2 (acara musik terfavorit)

Nah, kalau acara ini menurut saya memang sangat layak menerima penghargaan sebagai Program Musik Terfavorit di ajang Panasonic Award 2009. Tak hanya populer, Mamamia Show 2 juga berkualitas. Sistem penjuriannya sangat bagus, sehingga memungkinkan peserta yang berkualitas bisa lebih lama bertahan. Hal itu juga diimbangi dengan kualitas para peserta yang relatif lebih baik daripada kualitas peserta Indonesian Idol 2008 (sebagai saingan acara ini).

Dari sisi segmen pemirsa, sebagian besar penggemar Mamamia adalah kaum remaja dan ibu-ibu. Dari sisi ratting, konon Mamamia 2 ini punya ratting yang sangat tinggi. Bahkan pernah meraih ratting acara tv tertinggi (paling banyak ditonton oleh pemirsa). Saya sendiri termasuk pengggemar setia acara ini, walaupun saya laki-laki dan sudah bukan remaja lagi. Yang saya sukai dari acara ini yaitu kualitas peserta dan sistem penjuriannya.

Intinya, Mamamia 2 memang sangat pantas untuk menjadi acara musik terfavorit di Panasonic Award 2009.

***

Nah, sekian saja ulasan saya mengenai beberapa pemenang Panasonic Award 2009 yang merepresentasikan kalangan remaja sebagai penyumbang terbesar vote SMS-nya.

Anda punya pendapat lain?
 
InDoNizer for InDoNesia News | by TNB ©2010